Membuat .deb dengan dpkg-repack

Posted on 12 April 2009 by

Beberapa waktu lalu terjadi bencana besar menimpa diri saya(hiperbola.enable = true). Saya secara tidak sengaja melakukan reset password akun email saya di gmail. Mampus semua deh, email kedua untuk reset password sudah tidak aktif, security question digoogle juga lupa jawabanya :(. Terpaksa contact google berharap bisa recover akun kembali, soalnya semua data CPANEL website ada di situ semua hiks..hiks… :(.

Sejak kejadian itu, sy lebih berhati-hati dan mencari software untuk password manager di Linux. Dan akhirnya pilihan jatuh kepada Revelation. Langsung dah meluncur di apt-get install revelation. Nih program bagus cuman sayang kliatannya tdk dikembangkan lagi. Soalnya pas lihat helpnya tertulis 2006. Wah udah 3 tahun lebih. Karena kemungkinan sy melakukan upgrade dan juga kemungkinan kehilangan aplikasi ini akhirnya saya memutar otak dan sampailah pada suatu pertanyaan:

Bagaimana cara memaket ulang online casino aplikasi Revelation ini kembali ke format .deb?

Setelah cari-cari info di google akhirnya ketemu juga dengan aplikasi yang namanya dpkg-repack.

dpkg-repack adalah aplikasi untuk memaket ulang suatu aplikasi yang telah terinstall di sistem ke dalam format .deb

So, langsung buka terminal lalu sudo apt-get install dpkg-repack. Langsung aja saya jajal(indonesia: coba. (buat yg lom tau wkwkwk)) pada terminal. Tempat favorit untuk “hang-out” adalah /tmp.

Pertama, untuk memastikan kita cari dulu nama paketnya, jaga-jaga jika suatu hari sedikit lupa :). Dalam kasus ini adalah “revelation”.

$ dpkg -l | grep revelation
ii revelation 0.4.11-3ubuntu3 GNOME2 Password manager

Baru setelah itu kita repack :)

$ sudo dpkg-repack revelation
$ ls -l

Nah sekarang perhatikan apakah file revelation_[versi]_[arsitektur].deb telah dibuat atau belum. Jika sudah ada, kita tes apakah paketnya ok atau tidak.

$ dpkg --contents revelation_[versi]_[arsitektur].deb

Setelah situ, kita amankan file .deb nya agar jika kita butuh aplikasi revelation suatu saat nanti tinggal install secara manual jika di repository tidak ada.

Posted by rio

1 Comment

Lawerence

1 June 2014

It’s truly very complex in this full of activity life to listen news on Television, therefore I just use the
web for that reason, and get the most up-to-date information.


Post a Comment

Your email is never shared.